$show=home$type=carousel$cols=3

Gerakan “Papua itu Kita” Kampanye Kekerasan Militer di Papua

Jakarta, Jubi – Kekerasan militer Indonesia terhadap warga Papua yang berlangsung puluhan tahun sejak 1963 tidak di pahami warga Indones...

Jakarta, Jubi – Kekerasan militer Indonesia terhadap warga Papua yang berlangsung puluhan tahun sejak 1963 tidak di pahami warga Indonesia di wilayah lain. Warga Indonesia yang lain hanya memahami Papua itu PT. Freeport dan konflik bersenjata atas nama kesatuan NKRI. Karena itu perlu kampanye.
“Kita perlu sosialisasi supaya masah ini tidak bias. “Papua itu Kita” menjadi tempatnya. Papua itu kita, pelabuhan kita sampaikan masalah,” kata Zely Ariane dari gerakan “Papua itu Kita” dalam diskusi publik dibawah sorotan thema “Militerisasi dan Impunitas: Penyebab Situasi Kehidupa Perempuan Papua Makin Memburuk” di kantor LBH Jakarta, Jumat (13/3).

Dalam rangka itu, Sandra Mambrazar dari Elsham Papua yang dihadirkan oleh gerakan “Papua itu Kita” sebagai nara sumber mengatakan kekerasan Negara terhadap Perempuan Papua terjadi jauh sebelum Papua menjadi bagian dari Republik Indonesia melalui Pepera 1969.

Katanya, hasil penelitian Elsham Papua membuktikan pada 1963 sejumlah wanita di kepala burung mengalami kekerasan fisik. “Ada yang sudah cacat permanen,” katanya saat memaparkan materi gambaran umum tentang kekerasan terhadap Perempuan di Papua.

Header advertisementKata Mambrasar, kekerasan terhadap perempuan Papua itu masih berlanjut hingga kini. Perempuan Papua masih menghadapi Kekerasan fisik, seksual, psikis dan diskriminasi. Pola umum yang digunakan itu stigma. Suami atau keluarga yang dicurigasi diteror, ditahan, dipukul dan ditembak dan itu berdampak kepada perempuan.

“Suaminya yang distigma atau keluarga yang terlibat gerakan perlawanan otomatis tidak mendapatkan bantuan walaupun aparat kampung yang mengurus bantun raskin itu satu marga,” katanya mencontohkan salah satu kasus pembagian bantuan beras rakyat miskin (Raskin) di Biak Barat.

Yones Douw, Kordinator Monitoring dan Investigasi Pelanggaran Hak Asasi manusia dari Departemen Keadilan dan Perdamaian Gereja Kigmi di tanah Papua mengatakan bantuan yang diberikan gereja setempat tidak cukup. Orang terus berjatuhan yang berdampak kepada perempuan Papua dan anak-anak Papua.

“Perempuan yang suaminya ditembak menghadapi tekanan psikologi, mengahadapi anak-anak yang tidak ada ayah. Perempuan Papua masih menangis hari ini. Saya harap ke depan tidak ada lagi wanita-wanita yang menangis di tanah ini,” katanya.

Menurut Arti Nurbaiti, Redaktur Surat Kabar The Jakarta Port, yang hadir sebagai penanggap, masalah Papua sulit mendapat perhatian media Nasional. Banyak alasan yang dihadapi media besar yang berbasis di Jakarta. Alasan teknis hingga alasan penting tidaknya masalah yang terjadi di Papua.
“Kalau kekerasan militer seperti kongres Papua III. Tentara nembak warga itu tetap muat karena pemahamannya negara demokrasi sebesar ini kok ada kekerasan seperti itu,” ujarnya. (Mawel Benny)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Aksi,4,Artikel,3,Berita,8,Diskusi,3,Siaran Pers,4,Solidaritas,2,
ltr
item
#PapuaItuKita: Gerakan “Papua itu Kita” Kampanye Kekerasan Militer di Papua
Gerakan “Papua itu Kita” Kampanye Kekerasan Militer di Papua
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTv7f9wQlDD4ttICjWY1eOGqkdRiPwFqDhavQkW7PN7tW41oyBZPq1ELa3Kshozdpi90lLXtwAvcUDtxAYSKX2fLEEDQBnWytSQzbIVox_6A8zc5HGYZzNmlobNx0Gu42zruMkV8ofGfA/s1600/Diksusi+Perempuan+Papua+di+LBH+Jakarta.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTv7f9wQlDD4ttICjWY1eOGqkdRiPwFqDhavQkW7PN7tW41oyBZPq1ELa3Kshozdpi90lLXtwAvcUDtxAYSKX2fLEEDQBnWytSQzbIVox_6A8zc5HGYZzNmlobNx0Gu42zruMkV8ofGfA/s72-c/Diksusi+Perempuan+Papua+di+LBH+Jakarta.jpg
#PapuaItuKita
https://papuaitukita.blogspot.com/2015/03/gerakan-papua-itu-kita-kampanye.html
https://papuaitukita.blogspot.com/
https://papuaitukita.blogspot.com/
https://papuaitukita.blogspot.com/2015/03/gerakan-papua-itu-kita-kampanye.html
true
606549132282168974
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy